Cerpen Kesehatan

konsultasi-kesehatan-dengan-ahlinya

Halo semua perkenalkan nama ku Dara aku seorang siswa SMA yang sangat tertarik akan dunia Paskibraka. Minggu depan aku akan memulai orientasiku sebagai seorang calon Paskibra, tau kan apa aja yang harus dibawa?? dah pasti aneh-aneh semua. Setiap hari acara orientasi terlewati tapi  menurtku acara ini agak nyeleneh soalnya ada beberapa ritual-ritual sebelum makan. Kayak sebelum makan harus ngotori tangan dulu pake debu, Kakak senior sih ngomongnya kayak tayamum gitu, pernah juga makan roti tapi sebelum makan rotinya harus kepel-kepelin, sampai ada roti yang awalnya warna putih tapi waktu kena tangan temenku langsung deh warnya berubah. Udalah bodo amat pokoknya berdo’a sebelum makan.

Hari pertama terlewati, hari kedua pun juga begitu sampai hari terakhir dimana acara Orientasi yang biasanya selesai pukul 3 sore, harus diperpanjang sampai jam 9 malam karena ada beberapa event yang akan dilakukan seperti upacara penutupan masa orientasi sampai ada ritual aneh gitu deh. Upacara udah selesai sekitar jam 6 sore acara berhenti sejenak untuk ishoma, sampai jam 7 dimulailah acara aneh-aneh itu. Kakak senior sih ngomongnya untuk mental kita supaya kuat, jujur ajah ya aku ini punya indra keenam yah meskipun ga terlalu peka sih cuma kadang-kadang ajah diliatin. Waktu itu kita dikasih tau supaya ga’ ngelamun dan tetep berdo’a kalo takut, mata kita ditutuplah pakai sleyer yang kita bawa. Aku masih inget banget waktu itu udaranya anget soalnya lagi musim panas, Kakak senior nuntun aku untuk berjalan ke tempat yang bakal jadi itunya (ndidik mental) tempatnya di lapangan depan sedangkan aku ada dilapangan belakang. Agak jauh sih apa lagi harus ditutup matanya belum nanti jatoh kena lobang, kesasak pohon, nabrak tong sampahlah belum lagi senior yang merong-merong terus.

Untuk menuju lapangan depan kita harus ngelewati beberapa tempat kayak lorong lah, kamar mandi, kalo ga gitu pohon gedhe. Aduh buset deh sekolahan ini gedhe amat, selain merong-merong Kakak senior juga sesekali ngingeting aku buat berdo’a dan pikirannya ga’ kosong, awalnya hawa yang kerasa angat-anget itu tiba-tiba agak aneh gitu, okelah aku udah tau kok hawa yang berubah itu tandanya tempat itu ada somethingnya dan kita udah masuk kerumah mereka. Aku eratin peganganku ke Kakak seniornya dan ngajak dia ngobrol takutnya dia malahan yang pikirannya kosong, aku sih ga ngerasa apa-apa, Cuma yah gitu deh tempatnya berisik banget. Tempat pertama yakni lorong udah kelewat lega lah aku, tapi tempat kedua yakni kamar mandi masih menunggu untuk di “konjuring” eh maksudnya di “kunjungi”, tempatnya itu dipojokan dan gelap. Hmm…. lengkaplah sudah pasti itu nya juga banyak, ya sudah lah aku lanjutkan saja entah itu ada yng berbisik, megang-megang aku biarkan asalkan mereka tidak mengganggu senior ku.

Terlewatlah sudah semua rintangan dan akupun sampai dilapangan depan. Di bukalah sleyer oleh senior tapi jumlah teman-teman ku banyak yang berkurang Cuma sedikit sekali mungkin setengahnya tapi jumlah dari mereka banyak sekali, entahlah mereka datang dari mana. Yang membuat ku terpana adalah sesosok wanita cantik kupikir dia senior alumni tapi kenapa dia berdiri disisi pojok lapangan, padahal tepat itu penuh dengan sampah. Ku coba dekati dia baru lima langkah saja teman ku ada yang tumbang satu, mereka semua kesakitan dibagian perutnya, semakin dekat dengan dia semakin banyak teman ku yang kesakitan. Aku benar-benar penasaran kekuatan apa yang dia miliki hawa disekitar dia bukanlah hawa negatif tapi kenapa seperti ini. Semua senior pada kewalahan dan teman-teman yang tidak kesakitan dibiarkan di lapangan hanya dengan pengawasan oleh 1 senior cowok. Itupun dia hanya berdiri, tiba-tiba udara menjadi dingin, bulan yang sebelumnya bersinar tiba-tiba tertutupi oleh awan. Aku dan teman-teman ku mulai merapat ada apa sebenarnya , apa ada yang membuat kesalahan kepada mereka…??? Saat pandangan ku teralihkan oleh teman-teman ku aku merasa ada yang bergerak cepat, saat itu wanita cantik tadi pergi menghilang juga. Aku mendengar teriakan dari arah UKS seketika itu aku langsung pergi kesana bersama teman-teman, MasyaAllah ternyata ada salah satu teman ku yang kersurupan dia menjerit-jerit dan meronta-ronta dia seperti berbicara tetapi tidak jelas apa yang dia ucapkan seperti bahasa krama inggil. Sekitar 5 menit dia terus seperti itu dan untungnya salah satu guru agama datang dan mencoba menenangkannya.

Teman ku itu berkata aku tidak tau apa yang dia katakan dalam bahasa jawanya tapi aku tau dalam bahasa indonesianya seperti ini” Jangan seperti ku, yang mati yang lalai akan kesehatan ku. Jangan kamu semua mempermainkan kesehatan mu, aku peringatkan kamu” setelah pak guru agama membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an barulah temanku itu tersadar dan menangis. Setelah kejadian itu acara langsung dibubarkan yang seharusnya pulang jam 9 malam, kita pun pulang jam setengah 9 malam gapapa lah yang penting semuanya selamat. Dan karena itu juga peraturan yang sebelumnya berlaku di acara ospek ini pun juga diganti, seperti makan dengan tangan kotor, ataupun mengori makanan sebelum dimakan. Sebenarnya acara semacam ini udah berlangsung dari tahun 2005, dan para hantunya udah pada jerah mungkin ngeliat orang-orang makan tapi dengan cara yang ga’ bener.

Sekian dulu ya ceritaku maaf kalo ga nyeremin, emang bukan cerita horor sih. Ambil saja hikmahnya.

Leave a Reply

